Breaking News
Loading...

Wikipedia Tutup Layanan 24 Jam

12:00 AM

WASHINGTON -- Jika hari ini membuka situs Wikipedia berbahasa Inggris, kekecewaanlah yang diterima. Situs tersebut tengah menutup dirinya selama 24 jam pada Rabu (18/1). Yang dapat dilihat dari situs tersebut hanyalah tulisan Wikipedia dengan latar belakang hitam, serta satu paragraf penjelasan yang diberi judul ‘Bayangkan Jika Dunia tanpa Pengetahuan Gratis’.

Wikipedia sengaja menutup situsnya sementara untuk menggalang dukungan melawan rencana pengesahan dua undang-undang anti pembajakan yang tengah dibahas di Kongres AS. Dalam situs itu, saat ini tertulis “Selama lebih dari satu dekade, kami menghabiskan jutaan jam untuk membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia.” Jimmy Wales, pendiri Wikipedia, menilai undang-undang itu dapat mengancam masa depan internet yang bebas dan terbuka.

Selain Wikipedia, Google telah berulang kali mengatakan undang-undang bertindak terlalu jauh dan akan merusak investasi. Yahoo, Facebook, Twitter, dan eBay juga mendesak pembuat hukum di Washington untuk memikirkannya kembali. Pejabat Gedung Putih pun khawatir UU ini dapat membuat bisnis internet jatuh dan membahayakan aktivitas legal dan pidato bebas. “Kami senang banyak yang melawan undang-undang tersebut. Gedung Putih pun mulai memberikan perhatian,” ujar Wales.

Undang-undang SOPA ini bertujuan untuk menyerang jual beli film, musik, dan barang-barang bajakan Amerika. Perusahaan Internet dipaksa untuk menutup aksesnya pada situs asing yang menawarkan materi yang melanggar hukum hak cipta AS. Jaringan iklan AS pun harus menghentikan iklan online. Situs pencarian pun tidak dapat menampilkan situs yang mendistribusikan barang-barang bajakan.

Wikipedia saat ini tengah mengalami penurunan partisipasi. Setahun lalu, editor yang aktif berjumlah 100 ribu orang. Sekarang menurun jadi 90 ribu. Yayasan Wikipedia menyalahkan peralatan pengeditan yang tak modern. Mereka juga percaya, angka dapat meningkat jika mereka melakukan perbaikan software.

sumber http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/01/18/lxzg9a-wikipedia-tutup-layanan-24-jam
 
Toggle Footer