Breaking News
Loading...

Ini Dia Kamera Pionir di Era Digital

4:30 AM
Memasuki era digital, jagad fotografi mengalami banyak perubahan. Harga kamera yang makin miring serta hadirnya teknologi dan fitur-fitur baru, tidak diragukan lagi memanjakan kalangan pecinta foto.

Berikut 5 kamera yang menggebrak dunia fotografi lewat kemampuan yang dijejalkan pembesutnya, seperti dilansir BBC, Kamis (26/1/2012). Kamera-kamera ini menjadi penting karena ia adalah 'pionir' sejumlah teknologi yang dimiliki kamera digital.

1. Kodak DC290 (1999)
Pengkombinasian resolusi sensor yang mumpuni dengan harga yang miring bisa didapat dari kamera keluaran Kodak ini. Namun apa yang membuatnya menjadi terobosan adalah bahwa ia mampu 'mempelajari' script dan aplikasi, seperti halnya saat pengguna mengkustomisasi PC dengan berbagai aplikasi software.

Proses adjusting, editing dan pemberian efek hingga animasi bisa dilakukan di kamera ini. Sayang, perusahaan pembesut kamera tersebut kini sudah gulung tikar.

2. Canon EOS 300D (2003)
Ini adalah kamera digital Single Lens Reflex (SLR) pertama yang dilabeli harga di bawah 1000 Euro (Rp 11 juta). Kala itu, kalangan amatir dan sebagian kalangan profesional hanya mampu menjangkau kamera kompak yang memiliki zoom panjang. Datangnya kamera EOS 300D sekaligus menjadi penanda jatuhnya harga kamera digital profesional.

3. Nikon D90 (2008)
Keseluruhan kamera DSLR sekarang sudah dilengkapi dengan fitur perekaman video. Nikon D90-lah yang mempeloporinya di kala kamera kompak hanya mampu merekam video dengan kualitas yang rendah. Dengan kehadiran D90, seorang amatir pun dapat memuat film dengan kualitas yang bagus.

4. Nikon D3 (2007)
Salah satu masalah terbesar dengan kamera digital ialah bahwa foto yang dihasilkan dalam kondisi minim cahaya akan dipenuhi noise. Nikon 'menyelamatkan' fotografer dari masalah ini dengan menghadirkan Nikon D3 di tahun 2007. Ia menjagokan kemampuan membidik obyek di kondisi gelap dengan penekanan noise.

5. iPhone (2007)
Saat itu, ia memang bukanlah kamera ponsel terbaik bila dibandingkan dengan kamera ponsel lainnya. Akan tetapi siapa yang meragukan kepopuleran iPhone. Situs-situs jejaring seperti Facebook hingga Twitter dibanjiri foto jepretan kamera dari ponsel besutan Apple ini.

sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12757637
 
Toggle Footer