Breaking News
Loading...

Tips Wisata Diving

1:00 AM

Jika Anda ingin mengalami wisata yang berbeda dari biasanya dengan hamparan laut luas sebagai tujuan wisata Anda, kegiatan menyelam atau diving dapat menjadi pilihan yang bagus untuk melatih adrenalin Anda.

Anda pun pasti akan puas dan seperti berada di dunia antah berantah saat melakukan diving. Bersiaplah bertemu dengan berbagai jenis makhluk laut, terumbu karang, atau bahkan bangkai kapal.

Namun pada dasarnya kegiatan menyelam ini beresiko tinggi. Akan tetapi Anda dapat melakukan kegiatan menyelam ini dengan menyenangkan, nyaman dan aman. Untuk mendapatkan kepuasan diving, berikut tips.

Bila Anda belum memiliki sertifikasi diving. Di resor tempat Anda berencana untuk menyelam, Anda dapat menemukan instruktur menyelam. Anda dapat belajar menyelam dan mengikuti pelatihannya mulai dari pelajaran dasar atau menjadi penyelam pemula.

Anda juga akan mendapatkan peralatan menyelam dengan lengkap dan biasanya biaya pemakaian alat tersebut telah termasuk dalam biaya menyelam. Sebelum berlatih menyelam Anda sebaiknya menjalani tes medis dan tes renang. Menyelam akan sangat berbahaya bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Periksa baik-baik peralatan menyelam Anda, pastikan fungsi kerja masing-masing peralatan, terutama bila Anda menyewa peralatan-peralatan tersebut. Janganlah pergi menyelam di tempat yang berbahaya.

Apalagi jika Anda baru memiliki kemampuan dasar. Misalnya jangan nekat menyelam digua dasar laut yang memerlukan pelatihan khusus. Perhatikan dengan seksama instruksi-instruksi dari pelatih diving.

Cari tahu cuaca tempat diving yang Anda tuju, pastikan bahwa suhu air dan kondisi cuaca aman untuk melakukan kegiatan menyelam. Segeralah menepi apabila Anda mendengar atau melihat badai datang. Juga gunakan waterproof sunscreen yang setidaknya mengandung 15 SPF untuk melindungi kulit Anda.

Kenali gejala-gejala, seperti heat exhausion yaitu tubuh Anda terasa sangat panas serta bagaimana penanggulangannya. Maupun gejala hypotermia yaitu tubuh Anda terasa sangat dingin serta penanggulangannya.

Ingatlah, jangan terlalu lama menyelam. Serta hindari merencanakan wisata menyelam Anda sehari sebelum Anda berencana kembali pulang, terutama jika Anda berencana pulang dengan naik pesawat terbang.

sumber
 
Toggle Footer