Breaking News
Loading...

Televisi Transparan dari Haier

11:51 PM
Beberapa hari lalu di Las Vegas diadakan pameran elektronik. Dalam pameran elektronik yang dinamakan Consumer Electronic Show 2012, banyak perusahaan elektronik yang menampilkan produk atau hasil karya terbaru mereka beserta keunggulannya. Banyak perusahaan besar yang ikut dalam pameran CES 2012.

Consumer International Electronics Show (CES) adalah sebuah ajang pameran teknologi yang diadakan setiap bulan Januari. Tempat diadakannya CES biasanya di Las Vegas Convention Center, Amerika. Untuk pengunjung yang datang ke tempat ini, biasanya tidak terbuka untuk umum.


Di tahun 2012 ini, CES diadakan mulai dari tanggal 10 hingga 13 Januari. Dalam acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut, tercatat ada sekitar 153.000 orang yang datang. Di CES 2012, ada perusahaan elektronik seperti Acer, Haier, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Panasonic, Research In Motion (RIM), Samsung, Sony, Toshiba dan masih banyak lainnya.

Mungkin barang-barang elektronik yang banyak dipamerkan diantaranya adalah handphone, Tablet, Laptop dan TV. Dalam bidang TV, ada yang menarik bagi saya di CES 2012. Bukan tentang 3D TV ataupun SMART TV yang sepertinya sekarang sedang trend. Namun yang menarik adalah TV Transparan. Televisi Transparan ini adalah produk baru buatan Haier.

Nama televisi transparan tersebut adalah Haier Transparent TV yang dinyatakan sebagai televisi transparan pertama di dunia. Televisi transparan dari Haier ini memiliki resolusi sebesar 1680 x 1050. Dengan ketransparanan televisi tersebut, saya rasa ada kelebihan dan kekurangan pada TV transparan ini.

Kelebihan Haier Transparent TV misalnya adalah dalam hal daya listrik. Dimana televisi transparan tersebut lebih hemat 15 persen dalam mengkonsumsi listrik dibandingkan dengan daya listrik yang digunakan pada TV LED. Selain itu waktu responnya juga cepat, yaitu sekitar 5 ms.

Namun kekurangannya adalah pada kedalaman warna yang hanya 8 bit warna saja. Sehingga dengan minimnya kedalaman warna tersebut membuat keterbatasan konten. Mungkin perlu untuk pengembangan lagi pada televisi transparan ini agar dapat memiliki banyak konten seperti Smart TV misalnya.

Kira-kira bagaimana teknologinya ya? Mungkin TV Transparan ini menggunakan teknologi yang hampir sama dengan OLED TV, dimana kabarnya OLED TV buatan LG hanya memiliki ketebalan 1mm. yah, walaupun begitu, memang ini merupakan cikal bakal televisi transparan lainnya.

Untuk kedepannya, mungkin akan ada televisi transparan dengan berbagai teknologi, bisa dengan teknologi 3D ataupun teknologi Smart TV atau bahkan televisi pintar dengan basis Android ya. Mari kita terus berkarya dan menciptakan beragam inovasi untuk perkembangan teknologi.

Spesifikasi Haier Transparent TV :

    - Ukuran model 22 inch dan 46 inch
    - OLED TV
    - Resolusi 1680 x 1050
    - 5ms response time
    - 15% lebih hemat listrik dibandingkan LED TV
    - Kedalaman 8 bit warna




sumber:http://gamesisort.blogspot.com/2012/01/televisi-transparan-dari-haier.html
 
Toggle Footer