Breaking News
Loading...

Taman Vertikal Terbesar di Dunia

5:07 AM
Apa jadinya ya jika ada taman yang berbentuk vertikal? Jika penasaran dengan bentuk taman vertikal, mari kita simak ulasan tentang taman vertikal terbesar di Italia.
odditycentral.com
Seperti yang dikutip dari odditycentral.com, di kota Rozzano, dekat Milan, Italia terdapat sebuah taman vertikal yang menjulang ke atas. Dan yang lebih menakjubkannya lagi, taman vertikal di Rozzano ini diakui oleh Rekor Dunia Guiness sebagai taman vertikal terbesar di dunia.

Taman vertikal ini menghiasi dinding pusat perbelanjaan Fiordaliso. Dinding berukuran 1.262,85 meter persegi ini memiliki koleksi tanaman sebanyak 44.000 jenis spesies dengan 200 jenis bunga. Rekor yang dicapai di Itali ini telah mengalahkan rekor sebelumnya yang berada di Madrid, Spanyol. Ukuran taman vertikal di Madrid ini hanya 844 meter persegi.
Tokoh di balik proyek besar ini adalah Francesco Bollani, seorang arsitek asal Italia. Bollani juga mengatakan bahwa taman vertikal ini mempunyai sebutan “green wall” (tembok hijau). Desain arsitektur yang Bollani rancang ini merupakan contoh dari sebuah “sustainable architecture” (arsitektur yang berkepanjangan). Dimana di dalamnya terdapat unsur kombinasi antara keindahan dan penghematan energi yang ramah lingkungan.
Menurut pengakuan Bollani, dibutuhkan waktu selama 1 tahun penuh untuk dapat menumbuhkan semua tanaman agar hasilnya maksimal. Selain itu, Bollani dan tim nya juga memerlukan waktu selama 90 hari untuk meletakkan taman vertikal tersebut di dinding mall.

Biaya yang dibutuhkan untuk proyek besar ini sekitar 1 juta euro (10 milyar rupiah). Karena tanaman tersebut tidak ditanam di dalam tanah. Ternyata dinding tersebut memiliki wadah berbentuk seperti lego yang terbuat dari bahan metal sehingga dapat menahan tanaman.
Direktur pusat perbelanjaan Fiordaliso, Simone Rao menjelaskan bahwa taman vertikal ini membantu menurunkan suhu di dalam ruangan. Karena taman vertikal ini dapat mengurangi paparan sinar matahari langsung sehingga konsumsi energi pun berkurang. Selain mereduksi energi, tumbuhan ini juga berfungsi untuk menyerap karbon dioksida dan polusi suara.
 
Toggle Footer