Breaking News
Loading...

Cara Aman Membeli Domain Yang Bagus Dan Terpercaya | Tips Blogspot | Cara Beli Domain Terpercaya

7:28 AM


Cara Aman Membeli Domain Yang Bagus Dan Terpercaya | Tips Blogspot | Cara Beli Domain Terpercaya - Bagi sobat pengguna internet, khususnya para webmaster maupun para blogger, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya domain. domain adalah nama atau identitas situs kita sebagai alamat akses didunia maya, sobat juga tahu bahwa dengan bagusnya iklim bisnis di internet, maka akhir - akhir ini di Indonesia bermunculan penyedia jasa domain. Akibatnya bagi para pemula yang baru ingin membuat situs pribadi maupun bagi yang hendak membuat nama domain sendiri terkadang kesulitan menentukan tempat beli domain yang terpercaya.






Domain adalah Aset yang sangat penting bagi sebuah website atau blog, oleh karenanya berhati - hatilah dalam membeli sebuah domain. Belilah domain pada website yang benar - benar terpecaya, mengenai website tersebut dengan bertanya  teman  yang bisa dipercaya, informasi dari forum - forum di internet, mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lain - lain.


  1. Cek Umur Domain website penjual domain tersebut. Untuk mengecek umur domain sobat bisa menggunakan tool whois, contoh whois tool Whois.net, Whois.domaintools.com, Who.is dll. Lamanya umur domain menandakan seberapa eksis domain tersebut, semakin tua umur domain berarti semakin bagus domain tersebut.

  2. Cek Google Page Rank Untuk mengecek google page rank, sobat bisa menggunakan tool page rank checker seperti : Prchecker.info, Mypagerank.net dll. Google page rank mempunyai peringkat 1 – 10. semakin besar semakin baik, peringkat 10 adalah peringkat paling baik. Jika website penjual domain mempunyai page rank yang bagus, maka ini sedikit mengindikasikan bahwa website tersebut terpercaya karena mendapatkan page rank itu tidak mudah dan perlu waktu yang lama.

  3. Cek Alexa Rank Untuk cek alexa rank sobat bisa menggunakan tool dari Alexa.com. untuk peringkat alexa peringkat semakin kecil adalah semakin baik, peringkat 1 adalah peringkat terbaik untuk alexa rank. Kisaran alexa rank yang bagus yaitu sekitar 500.000 kebawah.

  4. Penjualnya Mudah Untuk di Hubungi misal ada fasilitas menghubungi melalui telephone, live support, yahoo messenger, email dan lain sebagainya. Pastikan juga bahwa penjual tersebut mempunyai alamat kantor atau rumah yang jelas sehingga apabila suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan, anda bisa mendatangi langsung instansi atau orang yang menjual domain tersebut.

  5. Panel Kontrol Domain Ini merupakan hal yang cukup penting, pastikan bahwa apabila membeli sebuah domain sobat nantinya mendapat akses penuh ke panel kontrol domain. Hal yang paling penting adalah sobat dapat dengan mudah untuk mengubah Name Server (ns) domain anda karena dari situ sobat nantinya dapat menentukan mau menggunakan hosting dari mana saja. Untuk memastikan bahwa sobat nantinya akan mendapatkan kontrol domain.

  6. Harga Murah tentunya dambaan setiap pembeli, namun sedikit kehati-hatian diperlukan. Harga yang sekiranya sangat tidak mungkin harus di jadikan sebuah tanda tanya besar, misalkan harga dipasaran sebuah domain adalah berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 150.000, jika sobat menemukan website atau orang yang dapat menjual dengan harga katakanlah Rp 10.000 atau Rp 20.000 maka itu wajib di curigai. Penipu tidak hanya berkeliaran didunia nyata.

  7. Menerapkan Strategi Misalnya : untuk penjualan tahun pertama mereka mematok harga yang sangat murah, misal Rp. 100.000 namun untuk perpanjangan tahun-tahun selanjutnya dipatok harga yang sangat mahal misal Rp. 500.000, oleh karenanya baca benar - benar keterangan yang mereka berikan saat sobat mau membeli domain. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu, berapa harga perpanjangan untuk tahun berikutnya. Keadaan terkadang tidak selalu menyenangkan, ada kalanya kita menemukan hal yang tidak diinginkan. Jika sobat membeli sebuah nama domain, tanyakan juga bahwa apakah nantinya bisa jika suatu saa ingin mentransfer/memindahkan domain.

  8. Perhatian! Perlu sobat  ingat, domain merupakan suatu yang terpisah dengan hosting. Jadi, sobat tidak harus selalu membeli domain serta hosting dalam satu website yang sama, sobat bisa membeli domain pada satu website tertentu dan membeli hosting pada website yang lain. Misal, sobat dapat membeli domain di Name.com dan beli hosting pada website  lain Hostgator.com, Rumahweb.com dll.



Sebuah domain dengan hosting ada keterikatan melalui proses mengarahkan domain dari Name Server ( NS ). Setiap paket hosting yang sobat beli, nantinya akan memberikan Name Server tersendiri, tugas sobat hanya mengubah atau mengganti name server pada domain kontrol sobat. Makanya, telah disebutkan sejak awal bahwa pastikan anda mempunyai akses penuh terhadap kontrol domain yang anda miliki, karena untuk mengganti name server adalah melalui kontrol panel domain, bukan melalui CPanel hosting. Jangan lupa tambahkan jaringan teman ( follow up ) Kolom Blog GRATIS,...


 
Toggle Footer