Breaking News
Loading...

7 Manfaat super dari mentimun

11:08 PM

Mentimun adalah sayuran yang paling dibudidayakan ke-4 di dunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan.
Sayangnya, mentimun seringkali disemprot dengan pestisida sehingga ada baiknya Anda membeli yang organik. Terlebih, jika Anda mau menanamnya sendiri di rumah. Berikut adalah tujuh manfaat timun bagi kesehatan, seperti dilansir Natural News.

1. Anti-dehidrasi

Mentimun mengandung 95 persen air yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghilangkan racun. Selain itu, mentimun juga memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

2. Perawatan kulit dan rambut

Kulit mentimun dapat digunakan sebagai obat iritasi kulit. Anda juga dapat memakainya sebagai masker wajah atau mengurangi bengkak pada mata. Silikon dan sulfur yang dikandung oleh mentimun bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.

3. Melawan kanker

Mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan tersebut dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, rahim, dan prostat.

4. Membersihkan rumah

Mentimun dapat digunakan sebagai pembersih cermin. Anda bisa memakainya untuk menggosok cermin kamar mandi ataupun jendela rumah. Bahkan, mentimun juga dapat membetulkan engsel yang sering berderit lho. Cukup gosokkan mentimun di engsel yang berderit.

5. Meredakan bau mulut

Ambil seiris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah selama 30 detik. Phytochemcials dalam mentimun mampu membunuh bakteri mulut, yang menyebabkan bau mulut.

6. Mengobati diabetes, mengurangi kolesterol, dan mengontrol tekanan darah

Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang bermanfaat bagi pasien diabetes. Para peneliti menemukan bahwa senyawa, yang disebut sterol, dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Mentimun juga mengandung banyak kalium, magnesium dan serat. Ini bekerja efektif untuk mengatur tekanan darah.

7. Membantu menurunkan berat badan dan pencernaan

Mentimun dikenal sebagai makanan rendah kalori dan kaya air. Maka dari itu, mentimun adalah menu diet yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, mentimun juga dianggap sebagai obat sembelit kronis lho.

Wuih..Banyak sekali ya manfaat dari mentimun! Apakah Anda salah satu orang yang sangat menyukai mentimun?
 
Toggle Footer