Breaking News
Loading...

Kuil Kuno Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Peru

6:56 AM

Arkeolog di Peru menemukan sebuah kuil di situs kuno El Paraiso, dekat dengan ibukota, Lima. Kuil berbentuk persegi panjang itu diperkirakan berusia 5.000 tahun.

Untuk masuk ke kuil tersebut harus melalui lorong sempit. Di pintu masuk ini, arkeolog dari Kementrian Kebudayaan Peru menemukan perapian yang mereka percaya digunakan untuk membakar upacara persembahan.

Dengan 10 reruntuhan kuil, El Paraiso adalah salah satu situs arkeologi terbesar di pusat Peru. Para arkeolog menemukan struktur berukuran 6,82 meter kali 8,04 meter di sisi sayap kanan piramuda utama.

Para arkeolog melakukan konservasi di situs tersebut yang ditutupi pasir dan batu. Mereka mengatakan dinding kuil terbuat dari batu dan dilapisi tanah liat kuning yang  juga berisi jejak cat merah. Masyarakat di Masa Pra-Keramik akhir (3500-1800 sebelum masehi) memiliki hubungan yang lebih erat dari perkiraan sebelumnya.

Wakil Menteri Kebudayaan Peru, Rafael Veron mengatakan kuil dengan struktur tersebut merupakan yang pertama ditemukan di Peru. "Ini menguatkan bahwa daerah sekitar Lima merupakan fokus peradaban wilayah Andean, dimana agama, ekonomi, dan politik adalah hal penting sejak dulu, " ungkapnya seperti dikutip BBC, Rabu (13/2).

Pertanian dan perikanan mendukung kehidupan ratusan orang di masyarakat Paraiso. Ribuan reruntuhan diperkirakan masih belum ditemukan. Hal itu membuat Peru merupakan tujuan utama para argeolog dan penjarah.
 
sumber:http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/13/02/13/mi5n9p-kuil-kuno-berusia-5000-tahun-ditemukan-di-peru
jangan lupa "like" disini yah 
 
Toggle Footer