Breaking News
Loading...

( P3K ) Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan | Download Makalah P3K | Menolongan Korban Kecelakaan

7:08 AM


KECELAKAAN Menjadi salah satu konsekuensi logis saat berkendara, selain faktor prilaku mengemudi penyebab kecelakaan juga disebabkan oleh masalah teknis dan faktor alam. Maka diperlukan kehati - hatian dalam berkendara, namun jika musibah tersebut tidak dapat dielakkan lagi maka langkah pertama yang dilakukan terhadap korban adalah Pertolongan Pertama pada korban kecelakaan ( P3K ), Hanya saja akibat kelalaian atau ketidaktahuan, kecelakaan di jalan raya sering berakibat serius bagi korban karena P3K yang tidak tepat. Sehingga, tujuan tindakan P3K mempermudah pertolongan selanjutnya di rumah sakit tidak tercapai. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips Pertolongan Pertama kepada korban kecelakaan lalu lintas yang mungkin nanti bisa bermanfaat dan bisa sobat terapkan nanti.


Evakuasi Korban
Kadang - kadang luka korban semakin parah karena evakuasi yang tidak benar. Usahakan memindahkan korban dilakukan oleh tiga orang agar beban lebih ringan sehingga korban aman pada saat evakuasi. Mengangkat secara bersamaan pada satu sisi menggunakan lengan kemudian dekap dan pindah secara berlahan. Turunkan korban secara bersamaan. Alangkah lebih baik kalau jaraknya jauh, gunakan tandu kalau ada, tapi pas sikon tertentu pasti tidak ada, kan ngak ada persiapan sebelumnya kan,...


Tidak Sadar
Baringkan korban ( tanpa bantal ) dengan tungkai ditinggikan. Longgarkan pakaian. Beri ruang cukup agar korban dapat menghirup udara segar. Periksa kemungkinan adanya cedera lain. Selimuti tubuh penderita supaya hangat. Bila korban telah pulih, usahakan penderita beristirahat beberapa menit. Bila tidak cepat pulih, segera bawa korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat disekitar, Segera! Takutnya nanti malah keblalasan bisa wassalam,...


Luka Lecet
Luka - Luka Lecet Biasanya terjadi akibat gesekan sehingga permukaan kulit terkelupas dan tampak titik - titik pendarahan. Bersihkan kulit sekitar luka mulai dari tengah luka sampai ke kulit sekitar luka. Tutup dengan kain penutup luka steril dan plester yang bersih ( jangan bekas pakai ).


Luka Sayat ( Iris )
Luka Sayat Biasanya terjadi akibat kontak dengan senjata tajam. Akibatnya jaringan kulit dan lapisan di bawahnya terputus dengan kedalaman bervariasi. Bersihkan luka dengan  cairan antiseptik. Tutup luka dengan plester. Gunakan kain dan kasa yang steril untuk menutupi luka.


Untuk lebih jelasnya berikut saya lampirkan Makalah P3K, pastinya lebih jelas dan detail tentang pembahasan Pertolongan pertama pada korban kecelakaan, Silakan Download Di Link ini Makalah P3K ]>> Semoga bermanfaat tambahkan jaringan teman di Kolom Blog Gratis.



 
Toggle Footer