Breaking News
Loading...

Kanzi, Simpanse Pintar yang Gemar Berkemah dan Memasak

6:47 PM
Hewan simpanse memang dikenal memiliki kecerdasan yang tinggi. Jika dilatih khusus, maka simpanse juga bisa bertingkah laku layaknya manusia seperti seekor simpanse bernama Kanzi yang dirawat Dr Sue Savage-Rumbaugh dari organisasi non profit Great Ape Trust di Des Moines, Iowa.

Simpanse jenis Bonobo (simpanse kerdil) itu senang berkemah dan mampu menggunakan korek api tanpa membakar dirinya sendiri. Bahkan, hewan yang memiliki nama dengan arti harta karun (dalam bahasa Afrika, Swahili) itu juga mahir memasak. Sebagai informasi, bonobo adalah salah satu hewan Afrika yang terancam punah. Mereka memiliki 98 hingga 99 persen DNA yang mirip dengan manusia.

"Kanzi membuat api karena dia menyukainya," kata Sue. "Dia membuatnya karena sering menonton 'Quest For Fire' dimana ada adegan seorang pria mencoba mengontrol api. Kanzi sering melihat adegan itu ratusan kali saat masih muda."

Kanzi yang mahir meniru aktivitas manusia juga bisa diminta tolong mengumpulkan kayu. Bahkan, Kanzi tahu betul cara mengkonsumsi makanan yang baru saja dipanggang.
Selain memasak dan berkemah, Kanzi juga bisa menggunakan keyboard dan mengetik 500 kata. Ia juga memahami 3000 kata verbal dan menurut Rue, Kanzi juga mewariskan kecerdasannya pada sang putra, Teco.



sumber:http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00014786.html
 
Toggle Footer