Breaking News
Loading...

Cara Membuat Effek Air Menetes Dengan Adobe Photoshop | Tips Photoshop | Membuat Effek Air Menetes

8:38 PM
Pada tutorial photoshop kali ini, akan saya gunakan untuk membahas cara membuat sebuah style yang bisa dipakai untuk memberi efek tetesan air. setelah lemarin sudah membahas cara membuat efek asap, Efek air menetes ini dibuat sebagai style agar dengan mudah bisa kita terapkan lagi pada gambar - gambar yang lain. Style merupakan sebuah fasilitas - fasilitas pada adobe photoshop untuk menerapkan satu set kumpulan efek - efek pada Layer style. Berikut cara membuat efek tetesan air dengan adobe Photoshop ikuti dan praktekkan dengan panduan yang benar dibawah :



Langkah pertama pasti membuka Program Adobe Photoshop, kemudian Bukalah sebuah foto yang akan diberi efek tetesan air. Pada tutorial kali ini saya gunakan sebuah file punya windows yang namanya Blue hills ( biasanya ada di My Documents \ My Pictures ).


efek style tetesan air 1





pada file tersebut, buatlah sebuah seleksi dengan tool seleksi, misalnya Eliptical marque tool atau yang lain. Pada contoh tutorial kali ini, saya buat sebuah seleksi dengan bentuk oval (elips). Seleksinya tidak usah besar-besar, kecil aja.






efek style tetesan air 2




Setelah seleksinya jadi, buat sebuah layer baru. Dengan cara mengeklik icon New Layer di palet layer. Seperti gambar ilustrasi di bawah ini.





efek style tetesan air 3




Isi layer baru tadi dengan warna hitam seukuran seleksi tadi. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use pilihlah black.




efek style tetesan air 4




HIlangkan seleksinya, lakukan dengan memilih menu Select > Deselect dan Pada palet layer, aturlah agar fill opacity menjadi minimal.




efek style tetesan air 5


Pilih menu Layer > Layer style > Dropshadow, Buatlah pengaturannya seperti gambar dibawah ini. Jangan klik OK-nya dulu.


efek style tetesan air 6


Masih pada kotak dialog layer style, pilihlah Inner Shadow. Buat pengaturannya seperti dibawah ini. Jangan klik Ok dulu, (Tanya: emang kenapa sih jangan diklik dulu: Jawab: rahasia donk.. )


efek style tetesan air 7


Masih bertahan di kotak dialog layer style, pilihlah Inner Glow, lakukan seperti gambar dibawah ini.



efek style tetesan air 8


Pilih Bevel and Emboss, masih di kotak dialog layer style ini juga. Atur pengaturannya seperti gambar dibawah ini.


efek style tetesan air 9


Sekarang efek ini akan kita simpan dengan mengeklik tombol New Style.


efek style tetesan air 10


Kemudian saat muncul kotak dialog New Style, isikanlah nama yang Anda inginkan, misalnya dalam tutorial ini saya beri nama Tetesan Air, kemudian klik OK. Setelah ini, silahkan diklik OK pada kotak dialog Layer Style ( sebenarnya sejak langkahsebelumnya bisa juga langsung di OK, namun akan lebih mudah jika baru sekarang ngeklik OK-nya ).


Sekarang kita sudah mempunyai sebuah layer style yang siang digunakan untuk membuat efek tetesan air. Untuk mencoba style ini, pada foto yang kita olah tadi, buatlah seleksi seperti dibawah ini. Seleksi ini dibuat dengan eliptical marque. Namun jumlahnya kita buat banyak ( pastikan Anda sambil menekan tombol Shift saat membuat seleksi ini ).


efek style tetesan air 11
efek style tetesan air 12


Lakukan lagi langkah diatas, Setelah itu klik icon style Tetesan Air yang ada pada palet stylenya, OK Trimakasih & selamat mencobanya.
 
Toggle Footer