Acha Septriasa Biodata dan Karir

Nama: Acha Septriasa
Nick Name: Acha
Tanggal lahir: 1 Sep 1989
Status: Single
Zodiak: Virgo Lahir di: Jakarta
Debut: Film Apa Artinya Cinta (2005)

Acha memulai debutnya di dunia hiburan Indonesia sebagai seorang model majalah remaja setelah merebut predikat Gadis Sampul pada 2004. Selama setahun selain aktif sebagai model majalah gadis kelahiran Jakarta 20 tahun lalu ini mulai menjajaki dunia peran. Karirnya di dunia aktingnya dimulai saat menjadi pemeran pendukung dalam film bergenre remaja Apa Artinya Cinta pada 2005 bersama Shandy Aulia dan Samuel Rizal. Berkat perannya di film itu, tawaran membintangi film sebagai aktris utama pun menghampirinya.

foto dan profil Acha Septriasa

Perannya Acha terlihat dominan di film Heart yang dirilis 11 Mei 2006. Film ini menceritakan persahabatan yang terjalin sejak kecil hingga dewasa antara Rachel (Nirina Zubir) seorang gadis tomboy, enerjik, berpenampilan cuek dan penuh inisiatif dengan Farel (Irwansyah), seorang pemuda tampan dan kreatif.

Di film ini Acha berperan sebagai penulis komik berpembawaan feminin namun memiliki kelainan hati bawaan. Luna dan Farel bertemu dan mereka jatuh cinta sejak pandangan pertama. Rachel yang cemburu atas hubungan Farel dan Luna, kontan mengubah penampilan demi mendapat perhatian sahabatnya. Kisah cinta segitiga berlanjut saat Rachel harus kehilangan kaki dan Luna dirawat di rumah sakit yang sama dengan Rachel. Rachel akhirnya berkorban demi cinta dan menjadi pendonor hati bagi Luna agar bertahan hidup.

Duet Acha-Irwansyah yang kala itu memang berpacaran mempopulerkan album bertitel sama dengan filmnya, Heart. Beberapa single yang menjadi hits di antaranya Sampai Menutup Mata, My Heart dan Pencari Wanita melejit di pasaran Indonesia bahkan hingga ke Malaysia. Di tahun yang sama, album Heart mencetak double platinum sebagai original soundtrack terbaik. Baik di negeri jiran Malayasia maupun di Indonesia, tiga lagu hits Heart menduduki tangga lagu utama di radio-radio selama berminggu-minggu.

Ketenaran keduanya berlanjut pada film kedua mereka yang berjudl Love is Cinta yang dibintangi oleh Raffi Ahmad, Andhika Pratama, Henidar Amroe, Tio Pakusadewo, dan Juwita Maritsa. Dalam perhelatan Festival Film Indonesia (FFI) 2007 nama Acha dinominasikan sebagai salah satu aktris pemeran utama terbaik.

Bersamaan dengan itu, pasangan ini membintangi sebuah sinetron yang masih bertemakan cinta masa remaja bertitel Andai Ku Tahu. Pamor Acha mengilap dan digadang-gadang sebagai salah satu aktris yang memiliki bayaran termahal pada 2008 setelah membintangi film Love. Dari film inilah Acha beroleh predikat Aktris terbaik dari Guardians e-Awards 2008 berkat akting cemerlangnya.

Sekolah ke Luar Negeri

Hubungan mesra Acha dan Irwansyah harus berakhir pada akhir 2008. Penyebabnya, pasangan ini tak mampu bertahan membina hubungan jarak jauh saat Acha melanjutkan sekolah di Malaysia. Akhirnya keduanya memutuskan berpisah pada Juli 2008. Meski di tahun yang sama, Acha masih eksis dalam dunia akting dan kembali bermain dalam sebuah film berjudul In the Name of Love.

Dikaitkan dengan Pasha Ungu

Setelah perpisahannya dengan Irwansyah, nama Acha kembali mencuat di akhir 2008, namun bukan karena karir atau prestasinya di dunia hiburan. Acha digosipkan menjadi orang ketiga yang melatarbelakangi kisruh rumah tangga Pasha Ungu dan Okie Agustina. Pasha yang sedang mengalami permasalahan rumah tangga dengan istrinya mengaku memberikan kado ulang tahun berupa jam tangan kepada Acha. Pemberitaan Acha yang berkaitan dengan Pasha perlahan menghilang setelah beberapa konferensi pers dan Acha kembali ke Malaysia melanjutkan kuliahnya.

Selama belajar di Malaysia, Acha mendapat tambatan hati baru yang juga tengah menjalani studi di Inggris. Meski sempat vakum selama menjalani studi, sebuah foto berpenampilan seksi dan sedikit seronok di internet menyeret nama Acha. Figur dan wajah perempuan di dalamnya mirip dengan perawakan Acha. Setelah beberapa lama diketahui foto tersebut adalah foto adik Acha yang juga artis pendatang baru bernama Juwita Marsha.

Merilis Album

Setahun lebih menuntut ilmu di negeri Jiran, Acha ternyata harus menanggalkan kewajiban studinya sejenak. Demi rencana mengeluarkan album serta menyelesaikan kontrak membintangi satu judul film Menembus Impian yang diluncurkan pertengahan Januari 2010. Meski awalnya ditentang orangtua, Acha memutuskan untuk mengambil cuti kuliah.

Acha menelurkan mini solo album terbarunya pada Agustus 2009 dengan tajuk Keputusan Hati berisi empat lagu yaitu Maunya Apa Lagi, Tentang Kita, Keputusan Hati, dan Salahku Kau Selingkuh. Tak hanya itu, Acha kembali terjun di film dan menjadi salah satu pemran dalam sebuah film bergenre komedi berjudul Krazy Crazy Krezy. Pasca lebaran 2009 Acha mengembangkan karir di luar dunia akting dan musik. Dia harus menggantikan Luna maya yang tengah cuti sebagai presenter Dahsyat. Acha memulai 2010 dengan kehadirannya dalam sebuah film berjudul Sst...Jadikan Aku Simpanan. Kendati bermain bersama artis senior seperti Julia Perez dan Ayu Azhari, Acha didapuk sebagai pemeran utama.

Di tengah kesibukannya, Acha Septriasa ternyata masih menyimpan harapan mengembangkan karir. Acha bermaksud menjalani karir di balik layar. Acha yang melanjutkan kuliahnya kembali pada Februari 2010 berniat mendalami pekerjaan di belakang layar seperti penulis naskah dan sutradara. Dia mengaku, sedang menggali kemampuan menulis sebuah naskah film dan berharap bekerjasama untuk memfilmkannya.

Anang Hermansyah Biodata dan Karir

Anang Hermansyah (lahir di Jember, Jawa Timur, 18 Maret 1969; umur 42 tahun) dikenal sebagai musisi, pencipta lagu, dan penyanyi, juga produser. Anang yang beragama Islam ini adalah mantan suami dari penyanyi pop tenar, Krisdayanti. Tahun 2007, Anang menjadi salah satu juri untuk acara adu bakat yang disiarkan RCTI, Indonesian Idol 2007, Indonesian Idol 2008, dan Indonesian Idol 2010.

Kehidupan pribadi

Anang menikah dengan Krisdayanti pada tanggal 22 Agustus 1996. Dari pernikahan tersebut mereka mempunyai 2 orang anak, Titania Aurelie Nurhermansyah (lahir tahun 1998) biasa dipanggil Aurel or Loli dan Azriel Akbar Hermansyah (lahir tahun 2000) biasa dipanggil Azriel or Jiel. Sejak awal pernikahan mereka sering kali dilanda gosip. Meski demikian telah 13 tahun berlalu, akhirnya pasangan ini bercerai secara agama bulan Agustus 2009, kemudian bercerai secara hukum pada November 2009.

Diskografi

Album solo
Biarkanlah (1992)
Lepas (1994)
Melayang (1996)
Tania (1999)
Jati Diri (2001)
Mata Cinta (2003)
Separuh Jiwaku Pergi (2009)

Album duet
Cinta (1996)
Kasih (1997)
Buah Hati (1998)
Makin Aku Cinta (2001)
Menuju Terang (2002)
Sepuluh Tahun Pertama (2006)
Dilanda Cinta (2009)
Jangan Memilih Aku (2010)
Jodohku (2011)

Filmografi
Baik-Baik Sayang (2011)

Cara Membuat Effek Air Menetes Dengan Adobe Photoshop | Tips Photoshop | Membuat Effek Air Menetes

Pada tutorial photoshop kali ini, akan saya gunakan untuk membahas cara membuat sebuah style yang bisa dipakai untuk memberi efek tetesan air. setelah lemarin sudah membahas cara membuat efek asap, Efek air menetes ini dibuat sebagai style agar dengan mudah bisa kita terapkan lagi pada gambar - gambar yang lain. Style merupakan sebuah fasilitas - fasilitas pada adobe photoshop untuk menerapkan satu set kumpulan efek - efek pada Layer style. Berikut cara membuat efek tetesan air dengan adobe Photoshop ikuti dan praktekkan dengan panduan yang benar dibawah :



Langkah pertama pasti membuka Program Adobe Photoshop, kemudian Bukalah sebuah foto yang akan diberi efek tetesan air. Pada tutorial kali ini saya gunakan sebuah file punya windows yang namanya Blue hills ( biasanya ada di My Documents \ My Pictures ).


efek style tetesan air 1





pada file tersebut, buatlah sebuah seleksi dengan tool seleksi, misalnya Eliptical marque tool atau yang lain. Pada contoh tutorial kali ini, saya buat sebuah seleksi dengan bentuk oval (elips). Seleksinya tidak usah besar-besar, kecil aja.






efek style tetesan air 2




Setelah seleksinya jadi, buat sebuah layer baru. Dengan cara mengeklik icon New Layer di palet layer. Seperti gambar ilustrasi di bawah ini.





efek style tetesan air 3




Isi layer baru tadi dengan warna hitam seukuran seleksi tadi. Caranya dengan memilih menu Edit > Fill. Pada bagian Use pilihlah black.




efek style tetesan air 4




HIlangkan seleksinya, lakukan dengan memilih menu Select > Deselect dan Pada palet layer, aturlah agar fill opacity menjadi minimal.




efek style tetesan air 5


Pilih menu Layer > Layer style > Dropshadow, Buatlah pengaturannya seperti gambar dibawah ini. Jangan klik OK-nya dulu.


efek style tetesan air 6


Masih pada kotak dialog layer style, pilihlah Inner Shadow. Buat pengaturannya seperti dibawah ini. Jangan klik Ok dulu, (Tanya: emang kenapa sih jangan diklik dulu: Jawab: rahasia donk.. )


efek style tetesan air 7


Masih bertahan di kotak dialog layer style, pilihlah Inner Glow, lakukan seperti gambar dibawah ini.



efek style tetesan air 8


Pilih Bevel and Emboss, masih di kotak dialog layer style ini juga. Atur pengaturannya seperti gambar dibawah ini.


efek style tetesan air 9


Sekarang efek ini akan kita simpan dengan mengeklik tombol New Style.


efek style tetesan air 10


Kemudian saat muncul kotak dialog New Style, isikanlah nama yang Anda inginkan, misalnya dalam tutorial ini saya beri nama Tetesan Air, kemudian klik OK. Setelah ini, silahkan diklik OK pada kotak dialog Layer Style ( sebenarnya sejak langkahsebelumnya bisa juga langsung di OK, namun akan lebih mudah jika baru sekarang ngeklik OK-nya ).


Sekarang kita sudah mempunyai sebuah layer style yang siang digunakan untuk membuat efek tetesan air. Untuk mencoba style ini, pada foto yang kita olah tadi, buatlah seleksi seperti dibawah ini. Seleksi ini dibuat dengan eliptical marque. Namun jumlahnya kita buat banyak ( pastikan Anda sambil menekan tombol Shift saat membuat seleksi ini ).


efek style tetesan air 11
efek style tetesan air 12


Lakukan lagi langkah diatas, Setelah itu klik icon style Tetesan Air yang ada pada palet stylenya, OK Trimakasih & selamat mencobanya.

Cara Membuat Effek Asap Dengan Adobe Photoshop | Tips Photoshop | Membuat Effek Asap

Pada tutorial photoshop kali ini, akan saya gunakan untuk membahas cara membuat efek asap. Efek ini bisa digunakan untuk menambahkan kesan berasap pada obyek gambar atau foto yang seharusnya tidak berasap. Efek asap bisa juga dibuat dengan sebuah plugin photoshop, misalnya dengan Eye Candy 4.0 ( plugin ini mempunyai fasilitas Smoke) . Dengan plugin ini, efek asap dengan mudah bisa dibuat. Namun bagi yang ingin membuat efek ini secara manual sobat bisa mengikuti langkah demi langkah Untuk cara membuat efek asap, Berikut ikuti langkah - langkahnya ya sobat :



Langkah pertama pasti membuka Program Adobe Photoshop, kemudian buatlah sebuah file baru. Ukuran file bisa terserah Anda. Pada contoh tutorial kali ini, saya buat sebuah file yang berukuran 200 x 300 pixel; resolusi 72 dpi.


tutorial photoshop efek asap KBG


Isikanlah warna hitam pada file baru tersebut. Untuk melakukan ini, bisa dengan memilih menu Edit > Fill, kemudian pada pilihan Use memilih Black, klik OK (  lihat gambar ilustrasi ). / dengan cukup menekan huruf D pada keyboard, kemudian menekan Alt + Backspace.


tutorial photoshop efek asap KBG


Pilihlah Pencil tool pada toolbox photoshop, kemudian pilih warna Foreground putih. Untuk memilih warna ini, bisa dilakukan dengan mengklik warna foreground, kemudian pilih warna putih. Atau cukup dengan menekan huruf D pada keyboard, kemudian tekan huruf X pada keyboard. Catatan: Huruf D, adalah untuk mereset warna foreground dan background. Huruf X, untuk membalik warna warna foreground dan background.


tutorial photoshop efek asap KBG


Kemudian atur ukuran pointer pencil tadi agar besar, kira - kira 30an dengan cara menekan tombol [ atau ] pada keyboard. Setelah ukuran diameter pointer disesuaikan, buatlah sebuah garis pada file baru tadi.


tutorial photoshop efek asap KBG


Pilihlah Smudge tool pada toolbox Photoshop. Sapukan pada gambar untuk membuatnya nampak berlekuk-lekuk. Bentuk lekukan terserah keinginan Anda.


tutorial photoshop efek asap KBG


Pilihlah menu Filter > Liquify. Filter pada Photoshop ini digunakan untuk membuat sebuah gambar nampak seperti cairan (liquid), sehingga bisa dibentuk dan diperlakukan seperti benda cair. Buatlah agar gambar garis putih tadi menjadi semakin berlekuk-lekuk. Bentuk lekukan terserah keinginan Anda sendiri. Buatlah agar bentuk lekukan ini menyerupai sebuah asap.


tutorial photoshop efek asap KBG


Langkah ini, mungkin adalah bagian yang paling menentukan hasil dari bentuk asap, dan juga bagian yang paling menyenangkan dan memerlukan banyak pengulangan sambil berimprovisasi. Apalagi bagi yang jarang memperhatikan bentuk asap ( kayak pemadam kebakaran aja ).


Buatlah sebuah layer baru. Kemudian ulangilah langkah diatas untuk membuat bentuk asap yang berbeda. Pada layer baru, ubahlah Blending Option-nya menjadi screen, agar warna hitamnya nampak transparan & cuma nampak warna putihnya saja. Jika perlu sobat juga bisa mengubah ukuran layer tersebut dengan Edit > Free Transform. Ulangilah langkah pembuatan layer asap ini berulangkali hingga Anda dapati bentuk kumpulan asap yang sesuai.


tutorial photoshop efek asap KBG


Sekarang kita hilangkan tanda kunci pada layer background, dengan cara melakukan klik 2x pada nama layer background, kemudian klik OK.


tutorial photoshop efek asap KBG
tutorial photoshop efek asap KBG


Buatlah sebuah layer baru lagi, kemudian posisikan layer baru ini kebawah layer 0 (yang sebelumnya adalah layer background).


tutorial photoshop efek asap KBG


Tekan dan tahan tombol Alt pada keyboard sambil memilih menu Layer > Merge Visible. Tujuan dari langkah diatas ini adalah untuk membuat sebuah layer yang merupakan gabungan dari semua layer yang ada dan posisinya berada di layer paling bawah. Pada layer yang merupakan layer gabungan tadi, berilah efek kabur. Lakukan ini dengan cara memilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur.


tutorial photoshop efek asap KBG


Aturlah opacity pada tiap layer untuk menyesuaikan nuansa asap yang sesuai. Kemudian pilih menu Layer > Flatten Image atau Layer > Merge Visible untuk menyatukan semua layernya. Berikut contoh gambar asap yang sudah jadi.


tutorial photoshop efek asap KBG


Sekarang kita akan mencoba menerapkan gambar asap yang sudah kita buat tadi pada gambar yang lain. Bukalah sebuah gambar yang akan Anda beri efek asap. Pada contoh tutorial photoshop ini, saya menggunakan sebuah gambar bumi. Geserlah gambar asap dari file yang sebelumnya kita buat dengan Move tool ke arah file yang akan diberi efek asap.


tutorial photoshop efek asap KBG


Pada layer gambar asap, pilihlah Blending Option-nya menjadi Screen. dibawah ini adalah gambar bumi yang sudah diberi efek asap. Catatan : Efek ini sebelumnya sudah pernah ditulis oleh John Paul Caponigro


tutorial photoshop efek asap 14

Cara Membuat Effek Kartun Dengan Adobe Photoshop | Tips Photoshop | Membauat Effek Kartun

Pada tutorial photoshop kali ini, akan saya gunakan untuk membahas cara membuat efek kartun. Seperti yang pernah saya janjikan pada akhir tutorial Photoshop membuat efek komik. Dan seperti yang saya utarakan di halaman awal, bahwa efek ini lumayan rumit pembuatannya. Untuk dapat membuat efek ini, sebelumnya harus lebih dulu memahami penggunaan palet layer, pembuatan garis dan shape dengan Pen tools, dan pemilihan warna. Selain itu, jika mempunyai pengetahuan tentang anatomi wajah / tubuh manusia, akan merupakan sebuah ketrampilan tambahan yang berguna. Pada efek kartun kali ini, kita akan membuat banyak bentuk - bentuk secara manual menggunakan Pen Tools. Tehnik seperti ini ada juga yang menyebut sebagai tracing, vektor.



Sebenarnya, tehnik seperti ini akan lebih cocok bila dijalankan pada Adobe Illustrator. Namun karena pokok bahasan kita adalah Photoshop, maka sekarang kita coba menggunakan Photoshop saja, walaupun tentunya cara pembuatannya akan lebih rumit. Berikut Langkah Cara Membuat Effek Kartun :



Bukalah sebuah foto dengan Photoshop. kali ini saya menggunakan foto Mas Wasidi. Karena kondisi foto ini sebelum saya rubah terlalu gelap, maka agar lebih nampak perbedaan antara daerah gelap dan terangnya, maka saya atur dulu pewarnaannya menggunakan Image > Adjustment > Shadow Highlights.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Kalau di Photoshop yang anda gunakan tidak ada menu Shadow & Highlight berarti photoshop sobat versi lama. Tidak perlu kawatir, karena langkah ini bukan langkah pokok. Bisa digantikan dengan langkah lainnya, coba dipahami maksud dari langkah ini. bila tidak dilakukan juga tidak apa - apa.



Duplikat layer background ini, agar kita mempunyai cadangan foto yang aslinya. Untuk jaga-jaga, siapa tahu nanti membutuhkan gambar aslinya. Dan memang akhirnya kita juga butuh foto aslinya, untuk membuat bentuk-bentuk yang agak rumit, misalnya mata dan bibir. Cara untuk menduplikat ini bisa dengan Ctrl + J, atau dengan menarik nama layer ke arah icon Create New Layer.


Pilih menu Image > Adjustment > Posterize. Isikan nilai yang kecil. Misalnya 4, Tujuan langkah ini adalah untuk mengurangi jumlah warna yang digunakan.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Duplikat lagi layer foto yang sudah diposterize & Ubah blending option jadi Darken.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur nilai Radius secukupnya, sambil melihat gambar aslinya (jangan melihat gambar preview pada kotak dialog Gaussian Blur). Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar muncul perbatasan yang lebih tegas pada tiap warna yang ada.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Sekarang kita mulai langkah pembuatan layer untuk melakukan trace, Buatlah sebuah layer baru, dengan cara melakukan klik pada icon Create a new layer ( di gambar dibawah ini saya tandai dengan lingkaran merah ) . Kemudian ubahlah nilai opacity pada layer ini hingga 0% ( saya tandai dengan lingkaran biru ).



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Pilih Pen tools pada tool box photoshop ( lingkaran merah pada gambar tutorial photoshop di bawah ini ), Kemudian lakukan pengaturan pada option bar. Pilihlah icon Shape layers ( gambar lingkaran biru ). Klik icon segitiga geometri option ( gambar lingkaran hijau) , kemudian beri tanda cek pada pilihan Rubber Band. Di sebelah kanan dari pengaturan tersebut, terdapat beberapa icon lagi ( gambar lingkaran ungu ).



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Buatlah bentuk shape menggunakan Pen tool mengikuti bentuk wajah foto.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Buatlah garis path ini melingkar hingga menyambung dari titik awal sampai akhir, sehingga terjadi sebuah bentuk bangun.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Ulangi langkah shape ( membuat garis diatas ), tapi buatlah bentuk shape pada area warna yang lain. Setiap bentuk shape dibuat pada sebuah layer baru, Jumlah bentuk shape yang dibuat kita batasi antara 2 sampai 4 warna saja.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG
tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Ubahlah nilai opacity pada layer - layer shape yang sudah kita buat tadi. Opacity kita buat hingga 100%. Sehingga nampak foto tertutupi oleh warna-warna. Untuk mengubah warna pada setiap layer shape, lakukan dengan cara melakukan klik 2 kali pada thumbnail layernya. Kemudian pilih salah satu warna.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Ubahlah setiap warna pada semua bagian wajah tersebut. Saat membuat bentuk shape pada area warna yang lain, jika ada layer yang menutupi sehingga kita kesulitan untuk menentukan bentuk shape, maka untuk sementara icon mata pada layer yang menutupi bisa dimatikan dulu atau di kurangi dulu opacity-nya.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG


Kemudian ulangilah lagi membuat bentuk shape pada semua bagian tubuh, hingga keseluruhan foto tertutup oleh bentuk - bentuk shape.



tutorial photoshop trace efek kartun KBG5


Perhatikan bagian mata & bibir karena bagian ini termasuk bagian pokok dalam mengenali wajah seseorang, kita perlu mematikan dulu beberapa icon mata pada palet layer biar bisa membuat trace dengan melihat bentuk aslinya yang belum ter-posterize. Untuk bagian jenggot, saya menggunakan Brush tool berukuran kecil yang disapukan pada gambar dengan pengaturan Brush preset Scattering.


Untuk membuat latar belakang pada foto, buatlah sebuah layer baru yang diletakkan pada urutan sebelah bawah dari bentuk - bentuk shape tersebut. Layer baru ini bisa diisi warna sesuka Anda, dengan memilih menu Edit > Fill.



tutorial photoshop trace efek kartun 16


Warna bygron tidak harus putih, Anda bisa juga menggunakan warna - warna lain, yang sesuai dengan gambar sobat, Jika semua gambar akan dijadikan satu, bisa dilakukan dengan memilih menu Layer > Flatten Image. Selamat mencoba tutorial membuat kartun dengan Photoshop ini.
 
Toggle Footer